SOSIALISASI KETERAMPILAN BERUSAHA TAHUN 2021 DI KEL. DONAN KEC. CILACAP TENGAH

Kamis, 28 Oktober 2021 Dinas Sosial Kabupaten Cilacap mengadakan Sosialisasi Keterampilan Berusaha di Kelurahan Donan Kabupaten Cilacap melalui Anggaran Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021.

Pemerintah Kabupaten Cilacap telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017 – 2022 yang bertujuan untuk memberikan arah kebijakan perencanaan pembangunan serta prioritas pembangunan Kabupaten Cilacap pada Tahun 2017 – 2022 dan juga sebagai acuan berbagai pihak dalam menetapkan kebijakan pembangunan pada lima tahun tersebut. Sebagai prioritas pembangunan bidang sosial di Kabupaten Cilacap  adalah persoalan perlindungan dan kesejahteraan sosial tidak terlepas dari persoalan yang bertalian dengan ketelantaran, baik anak maupun lanjut usia, kecacatan, ketunasusilaan, bencana alam dan konflik sosial serta korban tindak kekerasan.

Upaya penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) perlu adanya pelayanan kesejahteraan sosial yaitu semua upaya program dan kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan, membina, memelihara, memulihkan dan mengembangkan kesejahteraan sosial.

Seiring dengan perkembangan dan perubahan cara pandang pembangunan yang sebelumnya diarahkan dari Pemerintah Pusat, saat ini diarahkan pada kebijaksanaan Pemerintah Daerah, yang diharapkan penerima manfaat dapat menggali potensi diri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya sehingga dapat memiliki usaha ekonomis produktif sebagai sumber mata pencaharian dan dapat hidup layak, wajar dan sejajar dengan yang lain, hidup mandiri tanpa menggantungkan hidupnya pada orang lain. Dengan tujuan tersebut, diharapkan para peserta dapat menjadi manusia yang produktif dan ikut serta berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Dalam kegiatan ini, Penerima Manfaat akan mendapat berbagai materi yang diharapkan dapat menggugah Saudara sekalian untuk mau dan mampu menggali potensi diri, dan pasca kegiatan ini, peserta mau melaksanakan usaha ekonomis produktif dengan kami berikan bantuan berupa sembako.

Harapannya Penerima Manfaat setelah mengikuti kegiatan ini nantinya mampu meningkatkan kemampuan dan kemauan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dan mampu turut serta dalam pembangunan yang ditunjukan dengan hidup yang lebih sejahtera sebagaimana harapan kita bersama.