PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR MENJAHIT DESA RAWAAPU KECAMATAN PATIMUAN KABUPATEN CLACAP TAHUN 2021

Kesejahteraan sosial seperti tertuang dalam Undang-Undang 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Dalam rangka penyelenggaraan kesejahteraan sosial negara hadir untuk memberikan pelayanan terhadap Pemerlu Pelayanan  Kesejahteraan Sosial (PPKS). Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Sosial Kabupaten Cilacap di Tahun 2021 hadir untuk memberikan pelayanan kepada PPKS sesuai dengan misi Bapak Bupati Cilacap yaitu “ Meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan rohani dan jasmani, serta kesejahteraan sosial dan keluarga” melalui Kegiatan Rehabilitasi Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Lainnya Bukan Korban HIV/AIDS dan NAPZA di Luar Panti Sub Kegiatan Pemberian Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual dan Sosial dalam bentuk Pelatihan Keterampilan Dasar Menjahit  serta Bantuan Sosial berupa Usaha Ekonomi Produktif yaitu mesin jahit.

Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari pada tanggal 15-17 September 2021, menyasar pada keluarga miskin di Desa Rawaapu Kecamatan Patimuan sebanyak 30 KPM. Sebagai upaya penguatan kapasitas keluarga miskin dalam meningkatkan pendapatan dan kemampuan berusaha sehingga individu mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Melalui kegiatan ini diharapkan KPM bisa menambah pendapatan keluarganya melalui bantuan stimulan berupa UEP Mesin Jahit sehingga bisa menuju  keluarga sejahtera yang mandiri.

Kegiatan ini akan diisi oleh narasumber dari Tim Konveksi Jaya Wanareja, para peserta pelatihan antusias mengikuti kegiatan dengan baik. Sehubungan masih dalam pandemi Covid-19 dimohon peserta pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer.