Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)

  • -

Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)

Category : Berita

Cilacap, dinsosmedia — Hari Jum’at tanggal 27 September 2019 Dinas Sosial Cilacap bersama Sakti Peksos (Satuan Bakti Pekerja Sosial) Kementerian Sosial RI melakukan penilaian akreditasi di Rumah Pelayanan Sosial Eks. Psikotik “Martani” Cilacap. Akreditasi dinilai langsung oleh Kementerian Sosial RI dan Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS).

Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial sebagai wujud apresiasi dan legitimasi pemerintah terhadap LKS karena peran dan kontribusinya yang sangat besar untuk keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial Indonesia

Penilaian akreditasi didasarkan pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang ditetapkan oleh Menteri Sosial RI diantaranya: Standar Program, Standar Sumber Daya Manusia,  Standar Menejemen Organisasi, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pelayanan. Adapun maksud diadakan akreditasi yaitu untuk menentukan tingkat kelayakan dan standardisasi UPT milik Pemerintah, UPT milik Pemda, dan Unit Pelayanan Sosial langsung yang diselenggarakan oleh masyarakat. Akreditasi ini mempunyai tujuan untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan praktik pekerjaan sosial, meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial dan meningkatkan peran aktif pemerintah, pemda dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial. (red/dinsosmedia)