Tahun 2018 Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Targetkan meliliki Panti Rehabilitasi Sosial

  • 0

Tahun 2018 Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Targetkan meliliki Panti Rehabilitasi Sosial

Category : Bidang RehabSos

Cilacap, CitraNewsIndenesia –  Dinas Sosial Kabupaten Cilacap siap mengemban dan melaksanakan tugas sesuai dengan visi yang telah ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Agar pelaksanaan tugas dan fungsi dapat mencapai hasil yang optimal, Uong Suparno, S.Sos. M.Si selaku Kepala Dinas Sosial Cilacap mengatakan, prioritas pekerjaan tahun ini melanjutkan dan mewujudkan apa yang sudah dirancang sebelumnya, karena sebelumnya Dinas Sosial (Dinsos) gabung dengan Disnakertrans.

Ada beberapa permasalahan sosial yakni kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, keterpencilan, korban bencana serta tindak korban kekerasan dan pekerja migran, baik yang bersifat primer maupun akibat/dampak non sosial.
“kesenjangan ekonomi harus diatasi, maka prioritas pengentasan kemiskinan diperinci lagi pengentasan kepada warga-warga masyarakat miskin yang belum tersentuh, sampai saat ini kita kan masih perlu perbaikan data-data yang akurat yang ada di masyarakat”. Tutur Uong dilobi kepada media ini (28/02/17).

Lanjutnya, saat ini masih ada masyarakat yang belum dapat apapun, raskin juga belum dapat. Kemudian yang kedua terkait dengan warga yang terlantar juga prioritas di tahun 2018 saya ingin punya balai rehabilitasi sosial milik kabupaten karena di Cilacap belum ada, memang panti rehabilitasi khusus untuk jompo yang terlantar sudah ada beralamat di Slarang tapi itu milik propinsi, sama yang di Binangun juga punya propinsi itu khusus gelandangan psikotik.

misalnya kita melakukan sweping gelandangan terus dikumpulkan dimana tidak ada tempat, kalau dikumpulkan kan harus dikasi makan, selama ini kan hanya didata alamatnya mana terus dikembalikan pada keluarganya, maka jelas kita butuh tempat penampungan. Sedangkan  yang memang psikotik kita kirim ke pojok kidul kalau jompo di Slarang kemudian disana di data lagi. Kalau anak nakal dibawa ke Magelang bukan rumah sakit jiwa itu ada panti rehabilitasinya.

“Kita punya 26 jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Kita prioritaskan 2018 merekrut pengerja sosial supaya 26 penyandang itu terjamin semua. Sekarang manajemen modern, kalau ada program ada orang yang mengerjakan dan juga otomatis ada anggaran, sehingga 26 penyandang ini bisa teratasi minimal dalam lingkup terkecil disamping orang-orang yang butuh bantuan misalnya orang cacat berat, bantuan PKH, bantuan lanjut usia.” Tutur Uong. Yos

(sumber : http://www.citranewsindonesia.com/2017/03/dinas-sosial-targetkan-2018-memiliki.html)


Leave a Reply